![]() |
Kegiatan launching inovasi pelayanan kerohanian SAMAKAI. |
Bima, Jurnal NTB.- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bima terus berbenah dalam peningkatan pelayanan.
Kamis (13/07/2023), RSUD Bima launching inovasi pelayanan kerohanian SAMAKAI.
Direktur RSUD Bima, Ihsan mengatakan, filosofi lahirnya ide pelayanan kerohanian ini berasal dari nilai dasar SAMAKAI yang digadang RSUD Bima.
"Nilai dasar SAMAKAI merupakan singkatan dari pedoman pelayanan 4S rumah sakit (senyum, salam, sapa, sabar), Adil, Manuasiwi, Adaptif, Kebersamaan dan Kesatuan, Andal, serta Ikhlas," ungkap ditektur.
Direktur juga mengaku, pelayanan kerohanian juga bagian integral dari pelayanan kesehatan dalam upaya pemenuhan kebutuhan bio-psyco-socio-spiritual pasien secara komprehensif. Pentingnya bimbingan spiritual dalam kesehatan telah menjadi ketetapan WHO yang menyatakan aspek agama (spiritual) merupakan salah satu unsur dari pengertian kesehatan seutuhnya (WHO, 1984).
"RSUD berinisiatif mengembangkan pelayanan kerohanian dalam bentuk kegiatan pendampingan keagamaan yang diperlukan oleh pasien atau keluarga pasien selama dalam proses perawatan di rumah sakit," terangnya.
Pelayanan ini bertujuan memfasilitasi pemenuhan kebutuhan spiritual pasien yang beragam dengan tetap menghormati nilai-nilai keyakinan serta budaya yang berlaku di sekitarnya.
"Hal ini juga merupakan langkah konkrit RS untuk membantu pasien dalam proses penyembuhannya dengan mengedepankan kesetaraan pelayanan," jelasnya.
Kegiatan launching juga dimanfaatkan rumah sakit untuk sekalian memaparkan profil RS, Jenis Pelayanan dan Standar Pelayanan yang ada di Rumah Sakit Umum Daerah Bima.
Direktur mengungkapkan, RSUD Bima selama 8 tahun kepemimpinannya telah mengalami transformasi yang luar biasa baik dari sisi pembangunan fisik, peralatan, sarana dan prasarana, jenis pelayanan, serta Sumber Daya Manusia.
"Rumah Sakit juga senantiasa melakukan upaya perbaikan dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat sehingga pelayanan Prima dapat tercapai," tuturnya.
Dalam acara tersebut, juga didorong partisipasi masyarakat untuk terlibat dalam mengevaluasi pelaksanaan pelayanan dan memberikan masukan bagi peningkatan pelayanan yang ada di Rumah Sakit.
Acara diakhiri dengan penandatanganan Berita Acara Publikasi/Launching dan dilanjutkan dengan Pemotongan Pita yang disambut meriah oleh seluruh peserta yang hadir dan menyaksikan.
Jurnal-01